Jumat, 03 Maret 2017

Keunikan Suku Aborigin

Aborigin adalah masyarakat asli benua Australia. 

Aborigin Australia yaitu arti yang umum dipakai untuk mengacu pada beberapa orang Aborigin serta masyarakat pulau dari Selat Torres. 



Masyarakat pribumi ini membuat 2, 4% dari populasi modern Australia. Mereka tinggal di daratan Australia, Tasmania, serta pulau-pulau sekitarnya. 

Dipercaya suku Aborigin tempati Australia serta pulau sekitarnya nyaris mulai sejak 70. 000 th. waktu lalu. 

Masyarakat pribumi ini bicara kian lebih 250 bhs serta dialek yang tidak sama serta dikira sebagai 20 type bhs didunia yang terancam punah. 

Orang-orang Aborigin tidaklah entitas sosial tunggal, mereka mempunyai komponen serta segmen yang tidak sama dalam model subsisten, budaya, dan bhs. 

1. Bahasa 

Kata Aborigin mempunyai arti ‘paling awal dikenal’. Mereka mempunyai budaya, warisan, serta histori yang tidak sama dari bebrapa grup lain di semua dunia. 

Bhs asli suku Aborigin Australia di ketahui tak berkaitan dengan satu diantara bhs dibagian lain dunia. 

Sekarang ini, cuma ada kurang dari 200 bhs asli Australia yang dipakai. 

Pakar bhs pelajari bhs Australia sebagai Pama Nyungan serta non-Pama Nyungan. 

Bhs Pama-Nyungan sebagian besar terbagi dalam keluarga bhs berkaitan, sedang yg tidak terkait dipelajari pakar sebagai bhs non-Pama Nyungan. 

Grup bhs itu dipercaya sebagai hasil dari kontak yang lama serta intim. 

Satu feature umum dari bhs yaitu kalau mereka menghadirkan langkah bicara spesial yang intim dipakai serta cuma dipakai dihadapan kerabat. 

2. Budaya 

Aborigin Australia menghadirkan bermacam pola pengelompokan linguistik. 



Hal semacam ini memperlihatkan ada macam beberapa praktek budaya yang bermacam, walau kadang-kadang tunjukkan ada sinyal tanda persamaan. 

Data sensus tunjukkan kalau 72% Aborigin mempraktikkan satu diantara ‘bentuk’ ajaran Kristen walau berbeda persis, sesaat 16% tak berpedoman agama apa pun. 

Sekarang ini tengah berlangsung penambahan jumlah anggota orang-orang yang ikuti ajaran Islam. 

Diantara suku Aborigin Australia, nilai-nilai religius serta kebiasaan lisan umumnya berdasar pada penghormatan pada pulau serta alam sekitaran sebagai rumah mereka. 

Pada saat terlebih dulu, grup yang tidak sama menghadirkan budaya, keyakinan, serta bahasanya sendiri. 

3. Seni serta Lukisan Aborigin Australia 

Kebudayaan Australia kaya kebiasaan seni Aborigin. Bentuk kesenian Aborigin mengingatkan kembali pada saat kian lebih beberapa ribu th. waktu lalu. 

Seni pahat batuan serta lukisan kulit kayu menghadirkan kehidupan Aborigin yang sesuai dengan alam. 

Jalinan pada orang-orang Aborigin serta lingkungannya paling tampak dalam pemakaian warna alami dalam lukisan yang beberapa besar terbuat dari oker (ochre). 

Walau sekarang ini beberapa seniman Aborigin modern masihlah melanjutkan kebiasaan, namun mereka juga mulai mengambil material modern yang serbaguna. 

Terkecuali mempunyai pelanggan internasional, kesenian asli Aborigin juga jadi sumber pendapatan yang besar untuk sebagian komune di Australia. 

Sekarang ini, beberapa besar suku Aborigin sudah geser ke kota. 

Tetapi mereka alami kesusahan kesehatan serta ekonomi, dengan tanda sosial yang jelek seperti pendidikan yang rendah, banyak pengangguran, dan kemiskinan yang tinggi. 

Sistem urbanisasi ini lebih berdasar pada desakan politik dibanding hasrat mereka sendiri. 

Dengan cara politik, dua masyarakat Aborigin sudah sukses mencapai kursi di Parlemen Australia, yaitu Neville Bonner serta Aden Ridgeway, s/d th. 2005. 

Diantara beberapa nama Aborigin yang populer salah satunya yaitu nama bekas kapten Tim Rugby Australian National League, Arthur Beeton, atlet Olimpiade Cathy Freeman serta aktor David Gulpilil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar