Keunikan Suku Dayak

Tidak Terduga, Berikut 3 Kekhasan Suku Dayak di Pulau Borneo

Untuk Anda yang pernah berlayar ke pulau Kalimantan, pasti tak asing lagi dengan suku Dayak. Peluang juga Anda bakal terasa takjub ketika Anda mendengar nyatanya di suku Dayak ada beberapa hal yang tidak terduga.

Apa sajakah beberapa hal unik yang tidak terduga itu? Tersebut penjelasannya.

1. Suku Dayak itu Banyak

Apabila Anda bermain, bersilaturahmi atau sebatas berjalan-jalan ke pulau Kalimantan, pasti Anda bakal menjumpai suku Dayak. Disana, mungkin saja Anda makin bingung lantaran Dayak yang ada di fikiran serta kenyataan memanglah tidak sama.

Di fikiran kita, terbayang suku Dayak itu satu nama yang satu, tidak ada yang lain. sebenarnya, suku Dayak itu banyak. Suku dayak jadi berbagai macam sub suku diantaranya Dayak Kalsel, Dayak Kalimantan barat, Dayak Kalimantan timur serta yang lain masihlah terbagi-bagi sub.


2. Lain Suku, Lain Bahasa

Apabila Anda menduga cukup kuasai satu bhs Dayak waktu bertandang ke suku Dayak itu tidak ada kelirunya. Tetapi, itu belum sangat cukup untuk merajut komunikasi yang efisien.

Ya, di suku Dayak tiap-tiap subnya memiliki bhs sendiri. Walau masihlah ada banyak sinonim, namun masih tetap juga banyak ketidaksamaan.

3. Sape

Tahukah Anda Sape? Anda benar. Sape yaitu alat musik khas Dayak. Alat musik ini serupa semacam gitar dengan beberapa cuplikan untuk memastikan nadanya. Tersebut sape dengan bebeberapa dawai yang bisa menyebabkan kemerduan bunyi.

Tersebut kekhasan suku Dayak di pulau Kalimantan. Tidak terbayangkan kan berapakah banyak kekayaan Indonesia dalam soal budaya?

Itu saja cuma kajian sekitar kekhasan di satu diantara suku di Indonesia yaitu Dayak. Belum kajian suku-suku dari Sabang hingga Merauke.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Scabies dan Jamur Pada Kucing, Wajib Baca!

Keunikan Suku Toraja